Skip links

Etika Petugas Cleaning Service

Bagi petugas cleaning service yang bekerja pada perusahaan jasa cleaning service, etika merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena, etika yang diterapkan petugas cleaning service berperan besar dalam kesuksesan perusahaan cleaning service tersebut. Lalu, apa saja etika yang harus diperhatikan seorang petugas cleaning service dalam bekerja? Berikut ulasannya:

baca juga: Berbagai Pekerjaan Cleaning Service

Etika saat mulai bekerja

Seorang petugas cleaning service yang baik haruslah senantiasa menjaga etikanya termasuk saat mulai bekerja. Pada pagi hari, umumnya petugas cleaning service merupakan orang yang hadir pertama untuk membersihkan ruangan atau gedung kantor. Karena merupakan orang yang paling pertama hadir, maka petugas cleaning service harus menjaga etikanya saat mulai bekerja.

Etika Cleaning Service yang harus diperhatikan antara lain menerapkan prinsip 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) saat bertemu dengan orang-orang saat bekerja. Penerapan Etika Cleaning Service 5S saat mulai bekerja sangat penting karena selain dapat menjaga nama baik perusahaan cleaning service. Dengan demikian, lingkungan kerja pun akan terasa semakin hangat dan citra perusahaan jasa cleaning service pun ikut terjaga.

Etika pergaulan

Untuk menerapkan etika pergaulan selama bekerja diantaranya adalah:

  1. Senantiasa sopan, santun dan ramah kepada setiap orang
  2. Menunjukkan sikap empati
  3. Mengendalikan emosi
  4. Tidak menyakiti perasaan orang lain
  5. Saling membantu

Etika berpakaian

Pakaian yang dikenakan tidak hanya menunjukkan citra diri petugas cleaning service namun juga menunjukkan etika saat bekerja. Karena, jika petugas cleaning service tidak mengenakan pakaian yang sesuai etika serta standar operasional prosedur yang telah ditetapkan, maka kredibilitas perusahaan jasa cleaning service tempatnya bekerja akan dipertanyakan. Selain itu, dengan menjaga etika berpakaian, maka petugas cleaning service tersebut juga dapat menjaga citra dirinya sebagai orang yang tertib dan berdedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Etika dalam berkomunikasi

Setiap pekerjaan yang dilakukan bersama-sama tentu memerlukan komunikasi antar personal. Komunikasi yang terjalin membuat kerjasama dalam bekerja menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Seorang petugas cleaning service yang baik perlu memperhatikan etika dalam berkomunikasi baik kepada rekan kerjanya maupun kepada atasan atau klien tempatnya bekerja.

Etika berkomunikasi yang diterapkan saat bekerja akan membuat jalannya kerjasama menjadi lebih nyaman untuk dilakukan. Karena, komunikasi tanpa etika yang baik dapat merusak hubungan antar personal di tempat kerja. Untuk itu, perhatikan beberapa etika dalam berkomunikasi di tempat kerja berikut ini :

  1. Menatap lawan bicara saat berbicara
  2. Menggunakan bahasa yang santun
  3. Menjaga nada bicara
  4. Menjadi pendengar yang baik
  5. Hindari pembicaraan yang menjelekkan orang lain
  6. Tidak memotong pembicaraan

Menerapkan berbagai etika tersebut sangat berpengaruh terhadap penilaian kinerja petugas cleaning service. Selain kualitas pembersihan, etika juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan saat bekerja. Karena, etika yang terjaga dapat menambah panjang durasi kerja sekaligus membuat orang di sekelilingnya merasa lebih nyaman untuk bekerjasama.

PPBM senantiasa hadir memenuhi kebutuhan perusahaan Anda akan Jasa Outsourcing Cleaning Service yang profesional dan terpercaya untuk apartemen, pabrik, rumah sakit, sekolah, taman atau publik area lainnya.

Leave a comment

×