Skip links

Terapkan Tips Melamar Kerja berikut ini!

Ketika melamar pekerjaan, salah satu berkas penting yang harus dipersiapkan adalah surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran kerja yang dilampirkan harus mampu memberikan kesan pertama yang baik dan bertahan lama di benak HRD atau recruiter.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang dan ditujukan kepada sebuah instansi atau perusahaan dengan maksud untuk melamar pekerjaan di instansi atau perusahaan tersebut.

Perbedaan Surat Lamaran Kerja dan CV (Curriculum Vitae)

Biasanya surat lamaran kerja terdiri dari pembuka, perkenalan dan data diri singkat, maksud dan tujuan dibuatnya surat lamaran pekerjaan tersebut, daftar lampiran berkas dan penutup.

Surat Lamaran kerja bisa dibilang merupakan salah satu bentuk komunikasi antara dua orang dalam proses melamar pekerjaan.

Sedangkan CV (Curriculum Vitae) adalah daftar riwayat hidup yang berisikan perjalanan hidup seseorang yang dilihat dari pendidikan dan pekerjaan yang sudah pernah.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Berikut 6 tips cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

  1. Riset tentang perusahaan dan posisi yang dilamar

Sebelum menulis surat lamaran, sebaiknya Anda riset terlebih dahulu mengenai perusahaan yang dilamar. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda membandingkan kualifikasi dan pengalaman yang dicantumkan serta mengetahui data-data apa saja yang diperlukan untuk melamar pekerjaan tersebut.

Selain itu Anda juga harus mengetahui seluk beluk tentang perusahaan, yang nanti akan membantu Anda ketika proses interview.

  1. Sebutkan Skill dan Kemampuan
    Anda bisa menyebutkan skill dan kemampuan yang Anda punya. Sebaiknya skill dan kemampuan tersebut sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Sehingga Anda akan mendapatkan nilai positif dari recruiter.Pastikan skill tersebut memang Anda miliki, tidak dibuat-buat.
  2. Menggunakan Tata Bahasa Yang baik dan Benar
    Tips ketiga adalah menggunakan bahasa yang baik dan benar ketika menulis surat lamaran kerja. Jika menggunakan bahasa Indonesia, maka gunakan bahasa yang sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).Hindari penulisan dengan singkatan, seperti: yg, org, dan lainnya. Jika menggunakan bahasa Inggris, maka gunakan bahasa Inggris untuk bisnis atau profesional.
  3. Format Penulisan yang Rapi dan tidak bertele-tele
    Pastikan Anda menggunakan format penulisan yang normal. Seperti penggunaan font standar Times new roman, Arial atau Calibri dengan ukuran sebesar 10 dan 12. Jangan menggunakan banyak animasi yang hanya akan membuat recruiter bingung.

Surat lamaran kerja juga sebaiknya dibuat secara ringkas tapi mencakup semua poin-poin yang bisa menggambarkan seperti apa diri Anda.

Tidak perlu bertele-tele, karena akan menghilangkan minat dari recruiter.

  1. Lampirkan Surat Pendukung

Jika Anda mempunyai surat pendukung seperti sertifikat, piagam penghargaan dan sejenisnya yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar, maka tidak ada salahnya Anda juga mencantumkan informasi tersebut.

Bisa saja surat pendukung seperti itu akan menjadi poin tambahan bagi recruiter untuk merekrut Anda menjadi karyawan.

  1. Lakukan Editing
    Setelah surat lamaran kerja dibuat, tahap akhirnya adalah proses editing. Pastikan tidak ada penulisan yang typo, atau kesalahan dalam memilih kata bahkan kesalahan dalam membuat nama perusahaan dan posisi kerja yang dilamar.

Anda bisa meminta bantuan teman dekat untuk melakukan pengecekan ini, agar lebih maksimal.

Surat lamaran kerja dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu bagian pembuka, isi dan penutup.

Bagian pembuka atau paragraf pertama diisi dengan informasi di mana Anda melihat informasi lowongan dan ketertarikan Anda terhadap posisi kerja yang dilamar.

Kemudian di paragraf selanjutnya atau bagian isi Anda bisa mengisinya dengan informasi-informasi lengkap mengenai diri Anda, termasuk skill-skill yang Anda miliki.

Dan di paragraf penutup, Anda bisa mengisinya dengan ucapan terima kasih dan memberikan kontak yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjut. Dan dibagian bawah, Anda bisa melengkapinya dengan nama lengkap beserta tanda tangan Anda.

Itu dia penjelasan tentang surat lamaran kerja, tips dan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Anda bisa mencobanya ketika melamar kerja di PPBM ya. Selamat mencoba.

Leave a comment

×