Tetap Produktif saat WFH, simak tipsnya
Sejak COVID-19 melanda Indonesia dan membuat banyak perubahan termasuk cara kerja. Beberapa perusahaan telah menerapkan Work From Home (WFH) mulai dari 50% hingga 100% karyawan diperbolehkan kerja dari rumah masing – masing. Ditambah dengan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19, tentunya mendukung WFH Perusahaan Anda.
Hal ini menyebabkan aktivitas pada perkantoran harus dikerjakan melalui remote working. Sebelum Covid-19 melanda Indonesia, tidak banyak perusahaan yang menerapkan cara kerja seperti ini, kecuali perusahaan besar seperti google, amazon, microsoft dan banyak perusahaan besar lainnya. Namun, ini menjadi sebuah kebutuhan dan budaya kerja yang baru. Sehingga setiap karyawan harus belajar beradaptasi dengan budaya kerja ini.
1. Tetap Mengikuti Jam Kerja yang Ditetapkan Perusahaan
Work From Home tentu membuat jam kerja menjadi membingungkan apalagi tidak ada yang mengawasi. Namun, Anda harus mendisiplinkan diri agar tetap mengikuti jadwal kerja perusahaan, karena itu mampu membuat fokus Anda dan meningkat produktivitas Anda. Seperti, Bangun di pagi hari, melakukan aktivitas lainnya seperti sarapan pagi, makan siang dan jam istirahat. Sehingga, pekerjaan Anda bisa selesai sesuai jam kerja kantor dan mempermudah komunikasi antar tim dalam perusahaan Anda.
2. Ciptakan Ruang Kerja di Rumah yang Nyaman dan Bersih
Menciptakan ruang kerja khusus atau tempat kerja sangat mendukung produktivitas Anda. Pola pikir (mindset) Anda akan mengarahkan diri Anda untuk mulai bekerja, bekerja dengan fokus, dan tentunya memberikan hasil maksimal dari pekerjaan Anda. Apalagi ruang kerja Anda dekat dengan pencahayaan seperti dekat dengan jendela, ini tentu memberikan nuansa kerja yang tenang dan nyaman.
3. Menyediakan Waktu Untuk Berinteraksi dengan Teman Kerja Anda
Dalam rangka pengurangan angka COVID-19, Pemerintah mengeluarkan aturan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) membuat kita tidak dapat berinteraksi dengan banyak orang. Tentu ini membuat sebagian orang sedih karena tidak berkomunikasi dengan rekan kerja atau sahabat. Namun, sebagai makhluk sosial, kita memerlukan orang lain untuk membantu atau sekedar bertukar pikiran. Anda bisa menyediakan waktu Anda untuk berkomunikasi dengan rekan kerja Anda melalui platform digital yang sudah banyak ditemukan di internet seperti Zoom, Google Meet, Skype or Whatsapp Call dan banyak lainnya.
img : (Shutterstock/Creative Lab)