Skip links

Lantai Granit dan Marmer, apakah berbeda?

Lantai Granit dan Marmer, apakah berbeda? Banyak orang bingung membedakan lantai marmer dan granit. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Apa saja perbedaan dari  jenis lantai yang populer ini? Simak ulasan lengkapnya :

Material Granit dan Marmer

Granit adalah material yang terbuat dari batuan beku yang terbentuk dari magma yang membeku. Marmer adalah batuan metamorf yang terbentuk dari rekristalisasi batu kapur hingga akhirnya mengeras. Motif Granit dan Marmer keduanya muncul melalui proses alami.

Ketahanan Lantai Granit dan Marmer

Jika dilihat dari materialnya, lantai granit adalah yang terkuat. Ya, jenis lantai ini lebih awet dibanding yang lain, tidak mudah bolong dan tidak mudah tergores. Marmer hampir mirip seperti granit, hanya saja lebih ringan dan lebih berpori.

Baca juga : Cara Kristalisasi Marmer

Tampilan

 

perbedaan granit dan marmer
sumber : https://www.wallsandfloors.co.uk/blog/top-10-marble-effect-tiles/

Dari segi tampilan, kedua batu ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Batu granit memiliki motif bintik-bintik yang terbentuk secara alami karena peleburan beberapa jenis batuan menjadi satu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedangkan marmer secara kasat mata, motifnya lebih berbentuk guratan atau urat yang besar dan panjang dengan warna yang hampir sama dengan warna dasar marmer.

perbedaan granit dan marmer
sumber : https://www.wallsandfloors.co.uk/blog/top-10-marble-effect-tiles/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fungsional

Secara fungsional, Granit yang sifatnya ekslusif membuat suasana ruangan terasa sejuk karena permukaannya yang dingin dan motifnya yang unik. Sangat cocok dijadikan vocal point suatu ruangan. Tak jarang pula dibuat sebagai permukaan meja/counter top karena sifatnya yang tahan gores dan retak.

Marmer yang mampu menghadirkan kesejukan pada ruangan, cocok dijadikan sebagai lantai sebuah ruangan formal. Namun karena motifnya yang beragam, cukup sulit untuk menyatukan potong demi potong lantai.

Perawatan Lantai Marmer dan Granit

Granit dan marmer adalah batuan alam yang berpori sehingga harus diberikan pelapis. Jika tidak, pori-pori dapat rusak dan membesar sehingga menyebabkan kotoran mudah masuk.

Untuk perawatan, Anda dapat mengepel semua jenis lantai setiap hari dengan sabun pembersih lantai yang memberikan efek wangi. Namun hindari penggunaan sabun pembersih berbahan kimia yang abrasif mengandung fenol atau asam carbolat karena bisa merusak permukaan lantai.

PPBM senantiasa hadir memenuhi kebutuhan perusahaan Anda akan Jasa Outsourcing Cleaning Service yang terpercaya. Kami menghadirkan Jasa Poles Lantai dan juga Kristalisasi Marmer yang dikerjakan oleh petugas profesional.

Leave a comment

  1. Can I just say what a reduction to find somebody who actually is aware of what theyre speaking about on the internet. You definitely know learn how to convey an issue to mild and make it important. Extra people have to read this and understand this side of the story. I cant consider youre not more common because you positively have the gift.

×