Skip links

Tips Membersihkan Lantai Vinyl – Jasa Cleaning Service Kantor

Lantai vinyl atau lantai kayu vinyl kini telah banyak digunakan di berbagai hunian, termasuk di rumah dan apartemen. Vinyl adalah pilihan yang bagus untuk lantai yang tahan lama dengan harga yang terjangkau. Namun, tanpa cara perawatan dan pembersihan yang tepat, lantai vinyl bisa mudah menampung kotoran dan tergores. Berikut adalah cara membersihkan lantai vinyl agar lantai tetap awet dan tahan lama:

1. Gunakan keset

Hal yang pertama harus dilakukan adalah menjaga agar lantai vinyl tidak mudah kotor. Keset membantu menjaga agar lantai vinyl tidak mudah kotor dan terpapar bahan kimia. Adapun membersihkan lantai vinyl dengan amplas akan menghilangkan lapisan teratasnya. Selain itu, meski tak terlihat, bahan kimia seperti aspal dapat menempel di sol sepatu dan ke lantai, yang menyebabkan lantai vinyl menguning.

2. Rajin menyapu

Kunci menjaga agar lantai apapun tetap dalam kondisi baik adalah menjaganya tetap bersih. Segera bersihkan kotoran sebelum menempel dan akhirnya membandel. Biasakan langsung menyapu, misalnya di dapur, setelah memasak atau mencuci piring.

3. Bersihkan sisa hairspray dengan sampo

Sisa hairspray seringkali menempel di lantai, termasuk di lantai vinyl. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan sampo. Caranya, campurkan sampo dengan air hangat. Pel lantai dengan menggunakan campuran tersebut, kemudian bilas dengan lap atau kain pel basah.

4. Bersihkan dengan cara yang tepat

Hindari membersihkan lantai vinyl dengan pembersih berdaya tinggi. Sebaliknya, terapkan pembersihan dengan daya serendah mungkin. Sapu atau sedot debu dan kotoran pada lantai vinyl dengan vacuum cleaner setiap malam hari. Langsung bersihkan jika ada noda yang tumpah ke lantai. Jika pembersihan tidak cukup dengan sapu atau vacuum cleaner, gunakan lap atau kain pel yang telah dibasahi dengan air hangat.

baca juga : Cara Mudah Kristalisasi Marmer

5. Gunakan pembersih yang tepat

Jika lantai vinyl di rumah memiliki pelapis, bersihkan dengan air hangat dan deterjen. Basahi kain pel atau spons dengan campuran air hangat dan deterjen. Gosok lantai secukupnya untuk mengangkat kotoran, namun jangan terlalu keras. Bilas dengan air bersih.

6. Pastikan lantai tidak terlalu basah

Penting untuk diingat bahwa air tidak selau menjadi pembersih terbaik untuk lantai vinyl. Air yang berasal dari kain pel atau lap yang terlalu basah akan masuk ke celah antar lantai, akhirnya membuat lantai longgar atau sudutnya bergelombang.

7. Bilas dengan benar

Sabun bisa menjadi pembersih yang baik untuk lantai vinyl. Namun, buih sabun meninggalkan lapisan yang aka menampung kotoran. Sampai lantai Anda membutuhkan pembersihan menyeluruh, cukup bersihkan lantai dengan kain pel yang dibasahi air. Ketika Anda harus benar-benar membersihkan lantai, gunakan dua kain pel. Satu untuk membersihkan dan satu hanya untuk membilas.

Leave a comment

  1. Can I simply say what a comfort to find someone that actually understands what theyre discussing on the net. You actually realize how to bring a problem to light and make it important. More and more people really need to read this and understand this side of your story. I was surprised that youre not more popular since you definitely possess the gift.

  2. Woah! I’m really loving the template/theme of this blog. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s challenging to get that “perfect balance” between usability and visual appearance. I must say you have done a awesome job with this. Additionally, the blog loads super fast for me on Firefox. Superb Blog!

  3. Hello there! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could find a captcha plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having problems finding one? Thanks a lot!

×