Skip links

Proses Rekrutmen Security Proffesional

Proses seleksi karyawan merupakan kegiatan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pasalnya, melalui proses tersebut, perusahaan bisa mendapatkan karyawan-karyawan baru dengan kompetensi tinggi dan sesuai dengan kebutuhan sumber daya perusahaan. Setiap perusahaan memiliki caranya sendiri untuk melakukan seleksi karyawan menggunakan berbagai macam metode yang ada.

Pada umumnya, proses seleksi suatu perusahaan diawali dengan perekrutan. Begitu pula dengan PPBM. Setiap lamaran yang masuk, baik yang dikirim ke kantor PPBM maupun secara online (pada website PPBM atau pengisian google form) melalui proses seleksi dan administrasi, pengecekan kelengkapan dokumen serta pemberkasan. Khusus untuk tenaga sekuriti, PPBM memiliki standar klasifikasi fisik yang diukur dari tinggi dan berat badan.

Saat adanya kebutuhan akan SDM dari klien, kandidat akan dipanggil untuk mengikuti proses seleksi yang terdiri dari interview awal, psikotes, tes fisik, pengukuran tinggi dan berat badan, pengecekan fisik (yang termasuk penilaian postur tubuh, pengecekan tato dan tindik, serta mata minus), dan interview oleh user.

Seluruh kandidat yang berhasil melalui tahapan seleksi di atas akan mendapatkan training selama 3 hari yang terdiri dari:

  1. Training refreshment selama 2 hari, meliputi pengetahuan umum, skill, standar pelayanan sekuriti PPBM, dan service excellence.
  2. Training spesialisasi selama 1 hari. Khusus training ini akan dilakukan tergantung pada penempatan sekuriti tersebut.

Setelah penempatan, tim sekuriti kami diwajibkan mengikuti pembinaan jasmani setiap 1 bulan sekali, dan training edukasi pengetahuan umum yang diadakan secara virtual sejak awal pandemi.

Berikutnya, para sekuriti juga akan mengikuti beberapa pelatihan rutin yang terdiri dari:

  1. Training kelas, yang dilakukan setiap 3 bulan sekali.
  2. Pembinaan karakter, yaitu dengan rutin mengadakan apel pagi dan apel malam untuk pengarahan karakter dan mental. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh chip security dan area supervisor untuk kemudian diadakan evaluasi kinerja dari masing-masing anggota sekuriti.
  3. Inspeksi mendadak, untuk memastikan bahwa setiap anggota selalu menjalankan prinsip disiplin dan grooming setiap saat, yang sesuai dengan standar pelayanan & SOP.

Seluruh rangkaian kegiatan ini, yang dimulai dari perekrutan hingga tahap penempatan maupun training, kami lakukan agar dapat selalu mengembangkan skill yang dimiliki oleh SDM kami dalam rangka pemenuhan kebutuhan klien yang berbeda-beda dan terus berkembang.

Leave a comment

  1. Great beat ! I wish to apprentice while you amend your web site, how could i subscribe for a blog website?
    The account aided me a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast offered bright clear idea

  2. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied
    on the video to make your point. You definitely know what youre talking about, why waste your
    intelligence on just posting videos to your weblog when you could be giving us something enlightening to
    read?

×