Peranan Front Office vs Resepsionis, apakah berbeda?
Perbedaan Front Office dan Resepsionis memiliki tugas pekerjaan yang sama. Front office adalah orang yang bekerja di kantor bagian depan perusahaan, berurusan dengan kegiatan garis depan, yaitu menangani buku tamu, kurir dan kiriman, pemeliharaan file dokumentasi, dan membantu dalam mengatur pertemuan dan konferensi resmi. Resepsionis adalah orang yang dipekerjakan untuk menjawab telepon, menemui tamu, klien. Secara teknis, tidak ada perbedaan nyata di antara keduanya.
Kesan pertama merupakan yang paling penting untuk area perusahaan. Dengan demikian, eksekutif kantor depan dan resepsionis memainkan peran yang sangat penting di dalamnya. Mereka adalah orang-orang yang dapat dengan cara mereka berbicara dan menyapa, dapat mengubah segalanya.
Perusahaan yang umumnya membutuhkan layanan front office diantaranya kantor perawatan medis, perusahaan konstruksi, hotel, pendidikan, dan bisnis ritel komersial. Mereka biasanya dapat beralih ke aktivitas lain tergantung pada pekerjaan yang mereka berikan. Mereka memiliki kemampuan yang sama sebagai asisten administrasi, karena tugasnya hanya sedikit berbeda.
Beberapa tanggung jawab dan tugas Front Office adalah sebagai berikut:
- Menyambut tamu dengan ramah dan menanyakan keperluannya
- Untuk resepsionis hotel bertugas untuk memastikan bahwa waktu dan kamar tamu semuanya terdaftar
- Kembangkan pengetahuan terperinci tentang product knowledge, fasilitas dan layanan perusahaan
- Memahami cara pengiriman surat, parsel, dan pesan dengan benar
- Menjawab panggilan telepon dengan cara yang tepat sesuai dengan standarisasi perusahaan
- Pertahankan kebersihan dan kerapihan Area Front Desk setiap saat
- Bersikap baik dan menjaga penampilan karena mereka adalah perwakilan perusahaan terdepan
Wikipedia.com mendefinisikan receptionist adalah penerima tamu, atau penyambut tamu ialah karyawan yang mengambil posisi dukungan kantor atau administrasi. Pekerjaan ini biasanya dilakukan di ruang tunggu, seperti lobi atau meja kantor depan organisasi atau bisnis dan memberikan informasi tertentu tentang perusahaan.
Resepsionis dan Front Office sama-sama harus memiliki kemampuan kepemimpinan dan keterampilan komunikasi yang baik, karena mereka merupakan cerminan dan garda terdepan perusahaan.
PPBM dalam hal ini sebagai penyedia tenaga kerja outsourcing Resepsionis & Front Office (Labour Supply) hadir membantu Anda menyediakan tenaga kerja yang handal dan profesional dibidangnya. PPBM berpengalaman dalam penyediaan tenaga kerja, dengan memberikan pelatihan guna membentuk profesionalitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.